News Update :

Cara Membuat Timer Shutdown Otomatis Pada Komputer & Laptop

Diposting oleh : Posted on Senin, 08 April 2013 - 9:00 AM with 1 comment

Halo sobat Blogger, apa kabar semua?, tentunya luar biasa kan?. Kali ini saya ingin berbagi sedikit ilmu tentang “Cara mengatur timer shutdown otomastis pada laptop/komputer“. Mungkin sebelumnya hal ini sudah pernah dibahas oleh rekan kita Novan Suseno, dalam artikel “Mengatur Shutdown Timer Di OS Windows”. Tapi  kali ini saya akan mencoba membahas cara shutdown otomatis dengan menggunakan software yang bernama “WinMend Auto Shutdown”.

Software WinMend Auto Shutdown ini tidak hanya berfungsi untuk mematikan komputer secara otomatis, tetapi dapat juga berfungsi untuk menjalankan fungsi lainnya seperti hibernate, stand by atau log off secara otomatis pula. Seperti terlihat pada gambar berikut, tampilan software “WinMend Auto Shutdown” ini terlihat sangat simple sehingga dengan mudah kita bisa mengerti dan dapat mengoperasikan software untuk mematikan komputer secara otomatis.
SHUTDOWN_OTOMATIS
Gambar tampilan software “WinMend Auto Shutdown”

Terdapat 4 opsi (task) yang dapat kita pilih pada software ini, yaitu:
  1. Shutdown, berfungsi untuk mematikan komputer secara total
  2. Log Off, berfungsi agar keluar dari login user yang sekarang
  3. Sleep, komputer disuruh untuk “tidur” atau standby (komputer bekerja dengan konsumsi power sangat kecil), Windows akan menyimpan semua aktifitas dalam memory (RAM) dan dapat dihidupkan kembali ke kondisi sebelum “tidur” dalam beberapa detik saja.
  4. Hibernate, komputer akan mati total tetapi saat dihidupkan akan kembali ke keadaan sebelum komputer mati. Hal ini terjadi karena sebelum komputer dimatikan isi dari memori atau RAM disalin ke hardisk terlebih dahulu.
Dari ke empat opsi tersebut, pilih salah satu sesuai kebutuhan teman-teman, misalnya ingin mematikan komputer secara total, maka pilihlah opsi Shutdown. Setelah kita memilih salah satu dari opsi tersebut, lalu atur waktunya dan terakhir kita tinggal klik tombol start task. Kini komputer sudah akan shutdown otomatis sesuai dengan waktu yang telah kita atur.
Begitulah sedikit penjelasan tentang “WinMend Auto Shutdown”. Mudah bukan? bagi teman-teman yang ingin mencoba software WindMend auto shutdown tersebut, silahkan download langsung di link Download DISINI

Semoga software ini dapat bermanfaat buat teman-teman, dan dapat membantu disaat kita harus meninggalkan komputer karena adanya kesibukan lain, sedangkan komputer masih harus tetap beroperasi seperti mengcopy file, download, dan sebagainya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.
Share this Article on :
no image
Item Reviewed: Cara Membuat Timer Shutdown Otomatis Pada Komputer & Laptop 9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.

1 komentar:

 

© Copyright 2-Bersaudara 2015 | Design by Herdiansyah Hamzah | Editing by 2-Bersaudara.