News Update :

Cara Mengatasi CPU Hidup Tapi Monitor Mati

Diposting oleh : Posted on Jumat, 13 Maret 2015 - 11:46 PM with No comments

CPU Hidup Tapi Monitor Mati
Selamat siang sobat 2-Bersaudara, beberapa hari ini saya direpotkan oleh masalah PC / Komputer di temapat saya bekerja. Posisinya gini dan untuk kepastian apa penyebabnya saya kurang jelas, kemarin saya lihat PC / Komputernya baik-baik saja tidak ada melihat kecurigaan bahwa PC / Komputer tersebut akan rusak. Nah pada saat ke-esokan harinya saya dipanggil bahwasannya ada salah satu PC / Komputer di Lab. Komputer yang menyampaikan kalau PC tersebut CPU nya nyala/hidup tetapi Monitornya Blank "tidak muncul apa-apa" tetapi saya lihat lampu powernya nyala kedap-kedip.

Ok, berdasarkan pengalaman saya diatas, mungkin ada punya sobat yang sedang mengalami keadaan yang sama dengan saya. Nah disini saya akan share bagaimana saya mengatasinya dan sampai sekarang PC / Komputer tersbut berjalan normal seperti biasanya mudah-mudahan tidak akan terulang lagi, heeee...

Tahap I : Cek Kondisi Monitor

  • Cek apakan monitor sobat nyala / hidup, jika ia silahkan lanjutkan.
  • Lepas kabel yang tersambung ke Port VGA yang terletak di belakang CPU sobat dan biasaya kalau Monitor sobat masi bagus saat sambungan Port VGA dilepas di layar monitor nya tampil No Signal, Jika ia slahkan lajutkan.
  • Abaikan tahap ini, dan lanjut ke Tahap selanjutnya.

Tahap II : Cek Pisik CPU

  • Buka Casing CPU sobat
  • Lalu nyalakan CPU sobat apakah terdapat bunyi beeb "CPU Sobat dipastikan terpasang Speake", jika ia silahkan baca posting saya mengenai "Mengenali Bunyi Beeb pada PC" dan jika tidak silahkan lanjut ke Tahap selanjutnya

Tahap III : Uji Coba / Eksperimen

Pada tahap ini, banyak sekali uji coba yang akan saya share kepada sobat dan pada tahap ini pula semua usaha yang saya lakukan membuahkan hasil. Heee :)
Eksperimen I :  Membersikan RAM
  • Lepaskan RAM pada Slot nya
  • Bersikan Slot RAM sobat dengan kuas
  • Bersikan juga RAM sobat dengan penghapus
  • Bisa juga dengan cara tukar pemasangan RAM dari Slot yang biasanya
  • Hidupkan PC / Komputer Sobat dan apa hasilnya, jika masi saja jangan menyerah dulu ada 3 Kemungkinan lagi yang terakhir saya coba
Eksperimen II : Cek Power Suplay
  • Lepaskan kabel yang tertancap di Moderboard
  • Pinjemlah Power Suplay punya tetangga, teman pokonya yang bagus
  • Pasangkan Power Suplay dan hidupkan PC / Komputer Sobat dan apa hasilnya, jika masi saja jangan menyerah dulu ada 2 Kemungkinan lagi yang terakhir saya coba
Eksperimen III : Clear CMOS
  • Patikan PC / Komputer sobat tidak tersambung ke listrik dan semua kabel PW (Power Suplay) yang tertancap di Moderboard sobat sudah lepas
  • Cari Jumper biasanya leknya tidak jauh dari barte CMOS.
  • Ada 3 Pin yang menghubungkan jamper tersebut
  • Pindahkan Jumper ke pin yang ada disebelahnya, tunggu hingga + 10 Menit.
  • Jangan dipindahkan dulu Jumpernya, dan aliran listrik jangan sambungkan dulu, sambil mengunggu waktu 10 Menit langsung lanjut ke Eksperimen selanjutnya.
 Eksperimen IV : Memesikan Prosesor
  • Lepas Pendingin Prosesor
  • Lepaskan Prosesor pada tempatnya
  • Bersikan dengan kuas debu-debu di bawah slot prosesor "dengan hati-hati", pastikan semua debu hilang dan bersih.
  • Jika sobat ada prosesor yang bagus, soba sobat ganti prosesor sobat dengan yang bagus.
  • Kembali ke Eksperimen sebelumnya "Clear CMOS"
  • Pasangkan kembali Jumper ke posisi semula.
  • Dan pasangkan juga Kabel-kableh PW, lalu hidupkan PC / Komputer sobat.
  • Semoga semua berjalan dengan lancar.
Share this Article on :
Cara Mengatasi CPU Hidup Tapi Monitor Mati
Item Reviewed: Cara Mengatasi CPU Hidup Tapi Monitor Mati 9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright 2-Bersaudara 2015 | Design by Herdiansyah Hamzah | Editing by 2-Bersaudara.