News Update :

Mengatasi Epson R230 Lampu Merah Nyala

Sabtu, 27 Oktober 2012


Masalah bermula ketika Printer kantor saya,  Epson R230 yang di pasangin CISS  ngadat blink merah kedip bergantian. Dan pada printer jenis Epson sangat cocok untuk usaha cetak foto dan sekaligus bisa kita pergunakan untuk usaha loket ppob serta printer epson R230 jika sudah kita modif sering terjadi hal yang demikian sebab permasalahn tersebut sebenarnya adalah karena tinta tidak terdeteksi oleh printer dan untuk mengatasi cara tersebut disini saya akan menggunakan dua cara yaitu cara manual dan menggunakan software khusus.
Pada postingan terdahulu telah saya bahas mengenai cara membuat CDN Gratis menggunakan Google App Engine Untuk Wordpress.
Karena malas membawa ke teknisi printer akhirnya menemukan tutorial untuk memperbaikinya sendiri. Masalah lampu power ama catridge kedip-kedip merah bergantian sering terjadi pada printer ini. Ok akan saya mulai dengan langkah manual :
Untuk menggunakan cara manual atau cara paling sederhana adalah :
  1. Tekan tombol lampu warna merah sampai tempat tinta bergeser dan kita bisa mengambil tabung tinta tersebut setelah kita ambil kita taruh kembali ke posisi semua tabung tinta tersebut dan tekan tombol merah lagi, maka dengan cara tersebut lampu merah akan mati dan tinta akan terdeteksi namun jika tidak berhasil silahkan gunakan langkah kedua yaitu
  2. Tekan tombol lampu berwarna merah selama 60 hitungan (1 menit) terus matikan printer dengan menekan tombol warna hijau. Terus hidupkan lagi maka lampu warna merah akan mati namun lampu warna kuning (tombol yang tengah) dan lampu warna hijau akan hidup secara bersamaan dan berkedip secara bersamaan biarkan saja tunggu sampai kedua lampu berhenti blinking dan lampu warna kuning (tengah) mati dan hanya lampu warna hijau yang menyala.
Untuk memperbaiki printer tersebut dengan menggunakan software khusus mari kita ulas satu persatu langkahnya agar lebih jelas. Tools yang dibutuhkan untuk mereset printer tersebut adalah SSC Service Utility software. Untuk mendapatkan softwarenya bisa langsung ke situs  http://www.ssclg.com/epsone.shtml. Berikut adaah langkah-langkah mereset Epson R230:
  1. Pastikan printer dalam kondisi hidup dan terkonek dengan komputer (driver printer sudah terinstall)
  2. Instal SSC Service Utility dan jalankan programnya
  3. Seting konfigurasi printer model. Pilih Epson Stylus Photo R230. Setelah itu tutup main windowsnya.
Dipokok kanan bawah taskbar (deket ama jam) klik kanan ikon SSC Service Utility, pilih Protection Counter -> klik reset protection counter -> pilih Yes pada pop up yang menanyakan “Have you Replace waste ink pad”
Restart printer, dan printer sudah ga ngeblink lagi.
Itulah langkah-langkah yangbisa dilakukan untuk memperbaiki atau service  Epson R230 yang berkedip merah tadi. Semoga bermanfaat.
Share this Article on :

1 komentar:

  1. Terima kasih infonya kawan. sangat membantu sekali..

    BalasHapus

 

© Copyright 2-Bersaudara 2012 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Modified by Blogger Tutorials.