News Update :

Pertemuan. 1 Dasar-dasar Penggunaan Microsoft Office Excel 2007

Diposkan oleh : Posted on Sabtu, 03 November 2012 - 8:53 AM with No comments



page media
Overview
Selamat datang pada pelajaran Microsoft Office Excel 2007. Pada pelajaran pertama ini akan dibahas tentang :
  • Pengenalan Microsoft Office Excel 2007
  • Bagaimana menjalankan Microsoft Office Excel 2007
  • Tampilan Microsoft Office Excel 2007
  • Manajemen Worksheet
  • Membuat Tabel
  • Menformat Data

1.1  DASAR-DASAR PENGGUNAAN MICROSOFT OFFICE EXCEL 2007
1.1.1  MENGENAL MICROSOFT OFFICE EXCEL 2007
Microsoft Office Excel 2007adalah program aplikasi spreadsheet yang didesain untuk keperluan bisnis dan perkantoran. Penambahan kemampuan yang hebat dalam program ini tidak menjadikannya sulit dipakai, bahkan kemudahan, praktisan, dan penigkatan produktivitas menjadi salah satu kekuatannya. Dengan Excel 2007, pembuatan lembar kerja beruapa tabel dengan hitungan angka yang rumit menjadi mudah diselesaikan. Didukung dengan kemampuan penataan tampilan yang prima, pembuatan grafik, pengolahan database, kelengkapan fungsi, dan lain- lain menjadikannya sebagai program spreadsheet paling populer.

1.1.2  MENJALANKAN MICROSOFT OFFICE EXCEL 2007
Untuk dapat menjalankan program Microsoft Office Excel 2007, ikutilah langkah-langkah berikut ini :
1. Klik Windows Start.
2. Klik Programs.
3. Klik Microsoft Office.
4. Klik Microsoft Office Excel 2007
page media


1.1.3  MENGENAL TAMPILAN MICROSOFT OFFICE EXCEL 2007
            Setelah kita menjalankan aplikasi Microsoft Office Excel seperti telah dijelaskan pada pembahasan sebelumnya, maka kita akan mendapati tampilan layer seperti gambar di samping. Adapun penjelasan dari gambar tersebut adalah sebagai berikut :
page media

Office Button
Merupakan tombol yang berfungsi untuk menampilkan menu office seperti untuk penyimpanan file, membuka file, mencetak file, dll.

Quick Access Toolbar
Merupakan kumpulan shortcut untuk mempercepat perintah, seperti menyimpan, undo dan redo.

Title Bar
Merupakan baris judul yang berfungsi untuk menunjukkan nama file yang sedang dikerjakan atau dapat pula berfungsi untuk memindahkan jendela aplikasi Microsoft Office Excel 2007.

Control Box
Merupakan tiga buah tombol yang berfungsi untuk mengatur jendela aplikasi seperti untuk meminimize, restore/maximize, dan Close.

Tab Menu
Tab menu adalah pengganti dari menu bar yang biasa terlihat pada aplikasi Microsoft Office Excel pada versi-versi sebelumnya.

Ribbon
Merupakan kumpulan tool group yang menampilkan tool-tools untuk memfurmat tulisan pada dokumen yang sedang kita buat.

Scroll Bar
Merupakan fasilitas yang berfungsi untuk menggulung layar ke atas dan ke bawah atau ke kiri dan ke kanan.

Page
Merupakan tempat menulis teks atau dapat pula diartikan sebagai ilustrasi dari kertas dalam kenyataannya.

Status Bar
Merupakan baris status yang memberikan informasi tentang jumlah halaman, jumlah kata, jumlah baris, dll.

Zoom Spliter
Berfungsi untuk memperbesar / memperkecil ukuran page.


Formula Bar
Adalah tempat kita untuk mengetikkan rumus-rumus yang akan kita gunakan nantinya.
Row Heading
Adalah petunjuk lokasi baris pada lembar kerja yang aktif.
Column Heading
Adalah petunjuk lokasi kolom pada lembar kerja yang aktif.

Cell Pointer
Adalah petunjuk sel yang aktif

1.1.4  MANAJEMEN WORKSHEET MICROSOFT OFFICE EXCEL 2007Secara default saat pertama kali kita menjalankan aplikasi Microsoft Office Excel 2007, maka kita hanya mendapatkan tiga buah halaman (Worksheet). Nah untuk menambah, atau mengurangi worksheet tersebut dapat dilakukan dengan cara :

1.    Menambah Worksheet
Cara untuk menambah worksheet yaitu dengan klik icon yang ada di sebelah kanan sheet terakhir atau tekan Shift+F11 pada keyboard.
2.    Menghapus Worksheet
 Langkah-langkah menghapus worksheet adalah sebagai berikut :
    1. Klik kanan pada worksheet yang akan dihapus.
    2. Pilih Delete.
3.    Memberi Nama pada Worksheet
Langkah-langkah untuk memberi nama pada worksheet adalah sebagai berikut :
    1. Klik kanan pada worksheet yang akan diberi nama.
    2. Pilih Rename.
    3. Ketik nama worksheet.

1.1.5  MEMBUAT TABEL
Untuk membuat tabel dapat dilakukan dengan cara mengikuti langkah-langkah sebagai berikut :
1. Blok range tulisan yang akan dibuat tabel
2. Klik Tab Home
3. Klik Borders
4. Klik More borders
5. Klik Border
6. Outline > Inside
7. Klik Ok
 page media

1.1.6  MEMFORMAT DATA
Untuk menulis angka di Microsoft Office Excel 2007 terlebih dahulu kita harus menentukan format penulisan angkanya. Oleh karena itu, kita perlu memformat data tersebut, selain itu juga akan membantu dalam memperjelas proses pengolahan data yang dilakukan.
Berikut ini adalah jenis-jenis format data :

General       =>> penulisan angka biasa tanpa format khusus.
Number       =>>penulisan angka dengan pengaturan digit desimal (Decimal Places), dengan pemisah ribuan (Use 1000 separator) dan bentuk penulisan bilangan negatif (Negative Numbers)
Currency     =>>penulisan angka dengan penambahan simbol mata uang
Accounting =>>penulisan angka dengan penambahan simbol mata uang dan pemisah ribuan.
Date            =>>macam-macam bentuk penulisan tanggal.
Time           =>>macam-macam bentuk penulisan jam.
Percentage =>>penulisan angka dalam format persen (%).
Fraction      =>>penulisan angka pecahan.
Scientific    =>>penulisan angka eksponensial (pangkat).
Text            =>>penulisan angka dalam bentuk teks.
Special        =>>penulisan angka untuk database (kode area, Nomor Telepon, dll).
Custom        =>>penulisan angka dengan format yang bisa diatur sendiri.
Share this Article on :
Pertemuan. 1 Dasar-dasar Penggunaan Microsoft Office Excel 2007
Item Reviewed: Pertemuan. 1 Dasar-dasar Penggunaan Microsoft Office Excel 2007 9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.

0 komentar:

Poskan Komentar

 

© Copyright 2-Bersaudara 2015 | Design by Herdiansyah Hamzah | Editing by 2-Bersaudara.